Review SteelSeries Arctis 1 Wireless

Headset murah tetapi tetap bagus dari SteelSeries

Pada artikel kali ini kita akan membahas headset gaming yang dari namanya saja kalian pasti sudah tahu dengan brand yang satu ini yaitu SteelSeries. Perkenalkan ini adalah SteelSeries Arctis 1 Wireless yang memiliki frekuensi wireless 2.5 GHz.

Surprisingly, harganya terjangkau mengingat dikeluarkan oleh brand kenamaan seperti SteelSeries. Tetapi meskipun harganya terjangkau, headset ini di klaim sudah memenangkan banyak kategori best di hampir semua website review.

1.     Desain

Sesuai dengan nama lini produknya yaitu Arctis, headset ini memiliki desain sama dengan seri lainnya yaitu Arctis 3, 5, 7, dan 7 pro. Pembedanya yaitu sistem adjustment head-nya, kalau di Arctis 1 ini menggunakan bahan metal dan selain slider tersebut, bagian lain menggunakan bahan plastik polikarbonat yang cukup ringan

2.     Build Quality

Secara build quality headset ini bisa fleksibel dan terasa ringan, sehingga cocok untuk yang suka main game di luar ruangan dalam waktu lama agar tidak mudah capek. Untuk ear pad-nya juga bisa dilipat ke dalam sehingga ketika tidak dipakai di telinga bisa disandarkan di leher dan berfungsi sebagai fashion item.

3.     I/O

Port I/O di sebelah kiri terdapat slider untuk mute mic, volume build, input jack 3.5 mm dan micro USB untuk charging port. Sedangkan di sebelah kanan terdapat satu tombol power yang memiliki banyak fungsi.

Apa saja fungsinya? Yang pertama, untuk menyalakan headset. Tekan kira-kira 5 detik sampai indikator lampunya menyala warna hijau. Yang kedua fungsi multimedia, tekan 1 kali akan menjadi play atau pause, tekan 2 kali untuk next, tekan 3 kali untuk previous.

4.     Aksesoris

Port I/O yang lumayan banyak ini juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris yang sudah include, seperti dongle untuk wireless, kabel cas untuk ke USB, kabel jack 3.5 mm, kabel konektor dongle USB type C to USB, dan ada juga detachable microphone.

Dengan adanya aksesoris yang lengkap tersebut, kita bisa menggunakan headset ini untuk hampir semua platform. Contohnya nintendo switch, xbox, PS4, dan semua device yang memiliki konektor type C.

5.     Ear Cups

Desain ear cups di bagian dalam seperti jaring sedangkan bagian luar adalah material busa yang cukup nyaman dan breathable. Bahannya belum dilapisi kulit.

6.     Driver

Headset ini menggunakan driver 40 mm yang suaranya tidak kalah dengan headset yang lebih mahal. Suara yang dihasilkan sangat detail dan akurat kecuali di frekuensi 100Hz – 2KHz misalnya jika di dalam game yaitu suara bom.

Alasannya karena agar bisa lebih fokus pada suara sekitar seperti suara teman di discord dan suara pemain di sekitar kita. Karena suara bass-nya tidak menutupi suara yang lain.

7.     Penggunaan untuk Musik

Mendengarkan lagu yang memiliki elemen musik lengkap seperti gitar, terompet, dan sebagainya dengan headset ini akan terdengar lebih jelas. Lagi-lagi karena suara bass-nya didesain tidak menutup suara lainnya.

8.     Delay

Umumnya headset wireless akan menyebabkan delay, tetapi tidak pada SteelSeries Arctis 1 ini, karena terbantu dengan konektor dongle type C nya. Dengan speed frequency 2.5 GHz tidak akan terasa delay sama sekali.

9.     Kekurangan

Kekurangannya karena menggunakan dongle type C yang besinya cukup pendek, jika ditancapkan ke HP yang casing-nya agak tebal tidak akan masuk karena casing lebih tinggi dibandingkan dongle-nya. Kemudian ketika kehabisan baterai, tidak bisa menggunakan HP sambil ngecas karena port-nya terpakai.

Leave a Comment